FIQH WAQI'IYYAH KURBAN DAN AQIQAH......
Pertanyaan:
Assalaamualaikum..
1. Apabila saya hanya mempunyai uang untuk membeli seekor kambing saja, sedangkan saya baru saja mendapat rizki dari Allah seorang bayi perempuan dan kebetulan sekarang sudah memasuki bulan Dzulhijjah, manakah yang harus saya dahulukan antara aqiqah dan berkurban ? Bolehkah seekor kambing tadi saya niati untuk kurban dan aqiqah sekaligus ? Lalu bagaimana cara membagikan dagingnya ? karena setau saya daging kurban itu sunahnya dibagi dalam keadaan mentah sedang daging aqiqah dalam keadaan matang/dimasak ?
2. Dalam selametan/pembagian aqiqah apakah benar kesunahannya tulang-tulang dari kambing/sapi itu tidak dipecah-pecah atau diremuk, tetapi dipotongi pas ruas-ruasnya, dan bagaimana seandainya daging tsb diolah dengan cara diremuk dan dipotong kecil-kecil, karena sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat agar mudah dibagi-bagikan ?
Sekalian mohon dituliskan pendapat ulama dalam hal ini.
(Dari : Abu Hilwa)
Wa’alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh.....
Jawaban pertanyaan pertama :
Menurut Ibnu 'Arofah (ulama Malikiyyah) : Barangsiapa yang hari/waktu aqiqah anaknya bertepatan dengan 'Idul Adha sedang dia hanya memiliki satu ekor kambing saja, maka dia beraqiqah saja, namun statemen ini dikomentari oleh Ibnu Rusyd : Demikian itu apabila dia masih mempunyai pengharapan untuk bisa melaksanakan kurban setelahnya, apabila tidak mempunyai pengharapan demikian (dia tidak yakin mampu membeli kambing lagi) maka dia berkurban saja, karena hukum berkurban lebih kuat, ada yg berpendapat bahwa hukumnya adalah sunnah yang diwajibkan sedang pendapat tersebut tidak dikatakan pada kasus aqiqah.
Kemudian ada pendapat dari sebagian ulama yang membolehkan/mencukupkan satu ekor kambing untuk kurban dan aqiqah sekaligus, diantaranya adalah para ulama dari golongan tabi'in seperti Muhammad bin Siriin, Al Hasan Al Bashri, Qotadah, Hisyam bin 'Urwah, ada riwayat dari Imam Ahmad bin Hambal dan juga pendapat sebagian ulama Syafi'iyyah (seperti Imam Ar Ramli)
Referensi :
1. Mawaahibul Jaliil Fii Syarhi Mukhtashor Kholiil juz 3 hal. 258 :
وفي كتاب “مواهب الجليل في شرح مختصر خليل” (3/ 258) للفقيه الحطاب الرُّعيني المالكي ــ رحمه الله ــ:
[ قال ابن عَرفة: وفي “سماع القرينين”: مَن وافق يوم عقيقة ولده يوم الأضحى ولا يملك إلا شاة عق بِها.
ابن رشد: إنْ رجا الأضحية في تالييه، وإلا فالأضحية، لأنَّها آكد، قيل: سُنَّة واجبة، ولم يَقُل في العقيقة.انتهى.
.
2. Kitab Mushonnaf karya Ibnu Abi Syaibah :
قال ابن أبي شيبة ــ رحمه الله ــ في “مصنفه” (24267):
حدثنا عثمان بن مطر، عن هشام، عن الحسن، قال: (( إِذَا ضَحَّوْا عَنِ الْغُلَامِ فَقَدْ أَجْزَأَتْ عَنْهُ مِنَ الْعَقِيقَةِ )).
وفي إسناده عثمان بن مطر، وهو ضعيف، ورواية هشام عن الحسن فيها كلام.
.
وله طريق آخر:
فقال عبد الرزاق ــ رحمه الله ــ في “مصنفه” (7966):
عن مَعمر، عن رجل، عن الحسن، قال: (( وَإِذَا ضُحِّيَ عَنْهُ أَجْزَأَ ذَلِكَ عَنْهُ مِنَ الْعَقِيقَةِ )).
وفي إسناده راو لم يُسم.
.
ــ قال ابن أبي شيبة ــ رحمه الله ــ في “مصنفه” (24268):
حدثنا وكيع، عن سفيان، عن هشام وابن سيرين، قالا: (( يُجْزِئُ عَنْهُ الْأُضْحِيَّةُ مِنَ الْعَقِيقَةِ )).
وإسناده صحيح.
.
قال عبد الرزاق ــ رحمه الله ــ في “مصنفه” (7967):
عن مَعمر، عن قتادة، قال: (( مَنْ لَمْ يُعَقَّ عَنْهُ أَجْزَأَتْهُ أُضْحِيَتُهُ )).
وإسناده صحيح.
وقال ابن أبي شيبة ــ رحمه الله ــ في “مصنفه” (24269):
حدثنا عثمان بن مطر، عن سعيد، عن قتادة، قال: (( لَا تُجْزِئُ عَنْهُ حَتَّى يُعَقَّ عَنْهُ )).
وإسناده ضعيف، لأجل عثمان بن مطر، ويقويه ما قبله.
.
3. Tuhfatul Mauduud bi Ahkaamil Mauluud karya Ibnu Qayyim Al Jauziyyah :
.
قال الإمام ابن قيم الجوزية ــ رحمه الله ــ في كتابه “تحفة المودود بأحكام المولود” (ص:126):
قال الخلال: “باب ما رُوي أنَّ الأضحية تُجزئ عن العقيقة”
أخبرنا عبد الملك الميموني، أنَّه قال لأبي عبد الله:
“يجوز أنْ يُضحَّى عن الصَّبي مكان العقيقة؟.
قال: لا أدري، ثم قال: غير واحد يقول به، قلت: مِن التابعين؟ قال نعم”.
وأخبرني عبد الملك في موضع آخَر، قال ذَكر أبو عبد الله أنَّ بعضهم قال: (( فإنْ ضَحَّى أجزأ عن العقيقة )).
وأخبرنا عصمة بن عصام، حدثنا حنبل: أنَّ أبا عبد الله قال:
“أرجو أنْ تُجزئ الأضحية عن العقيقة ــ إنْ شاء الله تعالى ــ لِمَن لم يَعق”.
وأخبرني عصمة بن عصام في موضع آخَر، قال: حدثنا حنبل: أنَّ أبا عبد الله قال:
“فإنْ ضحَّى عنه أجزأت عنه الضحية مِن العقوق”.
قال: “ورأيت أبا عبد الله اشترى أضحية ذبحها عنه وعن أهله، وكان ابنه عبد الله صغيرًا فذبحها، أُرَاه أراد بذلك العقيقة والأضحية، وقسم اللحم، وأكل مِنها “.انتهى.
4. Nihayatul Muhtaaj
.
جاء في كتاب “نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج” (8/ 145) للفقيه شمس الدين الرَّملي الشافعي ــ رحمه الله ــ:
“ولو نوى بالشاة المذبوحة الأضحية والعقيقة حصلا، خلافًا لِمَن زعم خلافه”.اهـ
.
5 Tausyikh karya Syekh Nawawi al-Bantani:
قال ابن حجر لو أراد بالشاة الواحدة الأضحية والعقيقة لم يكف خلافا للعلامة الرملى حيث قال ولو نوى بالشاة المذبوحة الأضحية والعقيقة حصلا
.
Untuk pembagian daging pada kasus kurban nadzar maka harus (wajib) dibagikan dalam keadaan mentah kepada para fakir miskin, karena maksud dari kurban adalah untuk tamlik (memberikan kepemilikan), namun pada kasus kurban sunah (bukan kurban nadzar), maka hanya sebagian daging saja yg wajib diberikan kepada fakir miskin dalam keadaan mentah sedang sisanya boleh dibagikan untuk selain fakir miskin dan boleh dalam keadaan matang/sudah dimasak.
Daging aqiqah, yg afdlol diberikan dalam bentuk sudah dimasak, karena maksud dari aqiqah asalnya adalah untuk hidangan, namun apabila diberikan dalam bentuk daging mentah, maka hukumnya boleh saja.
Referensi :
1. I'aanatut Thaalibiin: Juz 2 hal. 333
ويجب التصدق ولو على فقير واحد بشيء نيئا ولو يسيرا من المتطوع بها والأفضل التصدق بكله إلا لقما يتبرك بأكلها وأن تكون من الكبد وأن لا يأكل فوق ثلاث والتصدق بجلدها وله إطعام أغنياء لا تمليكهم ويسن أن يذبح الرجل بنفسه ( وقوله نيئا ) أي ليتصرف فيه المسكين بما شاء من بيع وغيره فلا يكفي جعله طعاما ودعاء الفقير إليه لأن حقه في تملكه لا في أكله
.
2. I'aanatuth Thaalibiin juz 2 hal. 336
والتصدق بمطبوخ يبعثه إلى الفقراء أحب من ندائهم إليها ومن التصدق نيئا
( وقوله ومن التصدق نيئا ) أي وأحب من التصدق بها نيئا
.
Jawaban pertanyaan kedua :
Hukum memotong-motong tulang hewan aqiqah yang telah disembelih diperselisihkan oleh para ulama', yaitu :
1. Menurut madzhab Syafi’i dan Hambali disunatkan untuk tidak memotong-motong tulang hewan sembelihan aqiqah. Hikmahnya adalah karena tafaa-ul (mengharapkan kebaikan) agar anak yang diaqiqahi kelak bisa selamat/sehat tulang-tulang tubuhnya (terhindar dari penyakit/patah tulang). Diantara dalilnya adalah riwayat dari Aisyah radhiyallahu ‘anha;
يُطْبَخُ جُدُولًا، وَلَا يُكْسَرُ مِنْهَا عَظْمٌ
.
“(Daging aqiqah itu) dimasak sepenggal-penggal, dan tulangnya tidak dipecah”. (Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, No.24263)
Dan apabila hal itu dilakukan hukumnya tidak makruh, tapi khilaful aula (menyelisihi yang lebih utama).
Namun di dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin terdapat keterangan pendapat dari sebagian ulama tentang ketidakmakruhan memecah tulang binatang sembelihan tsb karena tafaa-ul bahwa anak yang diaqiqahi kelak akan menghancurkan tulang-tulang ahli kesyirikan dan ahli bid'ah.
2. Menurut madzhab Maliki, tulang tersebut boleh dipotong-potong atau dibiarkan utuh. Imam Malik dalam “Al-Muwaththo’” menjelaskan bahwa aqiqoh itu seperti halnya qurban, karena itu diperbolehkan memotong-motong tulangnya. Pendapat ini juga didukung oleh Imam Ibnu Hazm, pemuka ulama’ madzhab zhohiri, beliau menjelaskan, tidak ada satu pun hadits yang shahih yang bisa dijadikan dalil mengenai pelarangan hal tersebut, termasuk riwayat dari sayyidah Aisyah r.a. diatas.
Kesimpulan :
Hukum memotong-motong tulang tulang hewan aqiqah itu diperselisihkan oleh para ulama’, ada yang menyatakan sunah untuk tidak dipotong-potong dan ada yang menyatakan diperbolehkan dipotong-potong. Wallahu a’lam.
Referensi:
1. Al-Muhadzdzab, 1/439 (Madzhab Syafi’i)
والمستحب أن يفصل أعضاءها ولا يكسر عظمها لما روي عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت: السنة شاتان مكافئتان عن الغلام وعن الجارية شاة تطبخ جدولاً ولا يكسر عظم
.
2. Tuhfatul Muhtaj, 9/372
ولا يكسر عظم) تفاؤلا بسلامة أعضاء المولود فإن فعل لم يكره لكنه خلاف الأولى
.
3. Al-Mughni, 13/172 (Madzhab Hanbali)
ويستحب أن تفصل أعضاؤها ولا تكسر عظامها لما روي عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت: السنة شاتان مكافئتان عن الغلام وعن الجارية شاة تطبخ جدولا ولا يكسر عظم
.
4. Bughyatul Mustarsyidin hal. 319
وبحث بعض علمائنا من الأولياء عدم كراهة تكسير عظام العقيقة تفاؤلا بأن المولود يكسر عظام أهل الشرك والبدعة
.
5. At-Taj Wal-Iklil, 4/393 (Madzhab Maliki)
وجاز كسر عظمها) في الموطأ: العقيقة بمنزلة الضحايا وتكسر عظامها
.
6. Al-Muhalla, 7/523
وَلَا بَأْسَ بِكَسْرِ عِظَامِهَا . . . وَلَمْ يَصِحَّ فِي الْمَنْعِ مِنْ كَسْرِ عِظَامِهَا شَيْءٌ . فَإِنْ قِيلَ : قَدْ رَوَيْتُمْ { عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ وَقَدْ قِيلَ لَهَا فِي الْعَقِيقَةِ بِجَزُورٍ , فَقَالَتْ : لَا , بَلْ السُّنَّةُ أَفْضَلُ , عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافَأَتَانِ , وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ تُقْطَعُ جُدُولًا وَلَا يُكْسَرُ لَهَا عَظْمٌ فَيَأْكُلُ وَيُطْعِمُ وَيَتَصَدَّقُ , وَلْيَكُنْ ذَلِكَ يَوْمَ السَّابِعِ , فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فَفِي أَرْبَعَةَ عَشَرَ , فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فَفِي إحْدَى وَعِشْرِينَ } . قُلْنَا : هَذَا لَا يَصِحُّ ; لِأَنَّهُ مِنْ رِوَايَةِ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ الْعَرْزَمِيِّ
.
Wallahu a'lam...
Dody elhasyimi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar